Cara mengakses data iklim Indonesia secara gratis

Bagi sobat yang menjadi peneliti, akademisi, mahasiswa ataupun pelajar yang sedang mengerjakan penelitian, tugas akhir dan lainnya dan membutuhkan data iklim untuk mendukung penelitian sobat semua,  ada kabar gembira nih. BMKG sudah menyediakan portal untuk mengakses data iklim harian. Ya... harian ! Sobat tak perlu repot-repot berkunjung ke kantor-kantor BMKG. Cukup dari laptop atau PC anda. Dan yang pasti gratis !
Pertama, anda cukup membuka portalnya pada http://dataonline.bmkg.go.id, akan tampil halaman seperti ini
Berdasarkan penjelasan pada bagian footer laman tersebut tertera penjelasan sebagai berikut :
------------------------------
Aplikasi DATA ONLINE - PUSAT DATABASE - BMKG adalah aplikasi layanan data untuk pengguna, baik untuk kalangan internal BMKG maupun eksternal yang terdiri dari kalangan Perguruan Tinggi, Institusi Kementrian/Lembaga, Swasta, dan Masyarakat pengguna data MKKuG
---------------------------------
Nah jika baru pertama kali, anda harus registrasi terlebih dahulu, akan terbuka form seperti ini
Silahkan diisi secara lengkap dan yang terpenting alamat email harus validasinya akan melalui email yang kita input. Jika berhasil sobat akan menerima konfirmasi seperti ini
Berarti sobat sudah bisa mengakses data online tersebut. Setelah login, akan terbuka halaman FAQ (frequent ask question) seperti ini.
Sobat bisa membaca-baca dulu jenis-jenis data yang tersedia, satuannya dan hal lainya. Secara umum sitemap dari portal data online tersebut sebagai berikut : 
  • Metadata Stasiun
  • Ketersediaan Data
  • Data Iklim, terdiri dari  data iklim harian data data cuaca ekstrim
  • FAQ
Metadata Stasiun
Pada halaman ini berisi informasi tentang jaringan dan jenis stasiun yang dimiliki BMKG dengan tab menu tabel dan tab menu peta. Semua informasi bisa ditampilkan secara keseluruhan se-Indonesia atau spesifik berdasarkan provinsi dan kabupaten. Ada 3 jenis stasiun yang di miliki BMKG yaitu :
1. Stasiun berupa Unit Pelaksana Teknis. 
Jika kita klik > Metadata >Peta, kolom provinsi kita pilih "semua" dan jenis stasiun kita pilih "UPT" maka akan muncul peta seperti ini
dengan cara yang sama, kita bisa melihat peta jaringan pos hujan dan AWS yang di miliki BMKG.

Ketersediaan Data
Halaman ini untuk melihat ketersediaan data pada masing-masing stasiun BMKG. Tampilannya seperti ini.
Kita bisa memilih tampilan perprovinsi hingga perstasiun saja dalam bentuk grafik ataupun tabel.
Data Iklim
Pada halaman ini terdapat dua menu yaitu cuaca ekstrim dan data iklim harian. Sebagai contoh jika kita ingin mengetahui cuaca ekstrim pada tanggal 1 Desember 2015, maka akan tampil data seperti ini.
Jika sobat ingin menngunduhnya, tinggal klim menu "download". Selanjutnya untuk data harian, akan muncul halaman ini.
Nah sobat bisa memilih apakah akan akan mengakses data se-Indonesia sekaligus, atau perprovinsi hingga hanya perstasiun saja. Rentang waktu bisa diisi sesuai kebutuhan sobat. Selanjutnya tinggal klik "download" dan data sudah bisa dimiliki.

1 comment

  1. ijin admin.. ini copas dari blog saya
    http://www.climate4life.info/2016/01/cara-mengakses-data-iklim-Indonesia-secara-gratis.html

    ReplyDelete

Ads